Forum Badan Usaha Pelabuhan Untuk Banten, Resmi Dibentuk

Peresmian Asosiasi Badan Usaha Pelabuhan Indonesia (ABUPI) Koordinator Wilayah Banten

CILEGON, BCO – Badan Usaha Pelabuhan di Banten saat ini kerap menjadi penyumbang pendapatan bagi daerah maupun provinsi dengan nilai yang cukup besar. Oleh karenanya, untuk mewadahi para Badan Usaha Pelabuhan ini, Asosiasi Badan Usaha Pelabuhan Indonesia (ABUPI) Koordinator Wilayah Banten resmi dikukuhkan guna menengahi aspirasi maupun permasalahan yang terjadi dalam usaha tersebut.

Berlokasi di Hotel Royale Krakatau Cilegon, Ketua Korwil ABUPI Banten Widi Hartono menyatakan, tugas ABUPI Banten yakni meliputi koordinasi antara BUP baik dengan Pemerintah Daerah, Pemerintah Pusat, maupun Pemerintah Kota, dan juga meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang kepelabuhan. “Kita bisa menjadi wadah, aspirasi semua badan usaha pelabuhan di wilayah banten,” ujarnya. Rabu, 04 Desember 2019.

Ia juga menambahkan, saat ini ABUPI sendiri telah berdiri selama lima tahun di nasional, namun di banten baru kali ini yang dibentuk. “Sebenarnya ini hanya koordinator wilayah banten, untuk mewadahi dan semua program dari ABUPI bisa terlaksana,” tambahnya.

Menurutnya, dengan adanya ABUPI Korwil Banten, maka para BUP di Banten bisa ikut menyuarakan aspirasinya. Karena ABUPI sendiri merupakan asosiasi yang diminta masukan untuk revisi undang-undang kepelabuhanan. “Jadi ABUPI pasti diminta pendapatnya, jadi kita harus bisa memberikan pendapatnya melalui asosiasi ABUPI ini,” jelasnya.

Selain mengukuhkan pengurus ABUPI Korwil Banten, acara ini juga turut dihadiri oleh Anggota Kemenhub RI, Kementerian Bappenas, dan pelaku usaha pelabuhan.

Sementara itu, dalam acara ini juga turut digelar Focus Group Discussion dengan tajuk Kerjasama Pemerintah Dengan Badan Usaha Dalam Penyediaan Dan Pengelolaan Infrastuktur Pelabuhan. []

0Shares