Dua RW di Komplek BPI Cilegon Terapkan Karantina Lokal

CILEGON, BCO – Berbagai cara dilakukan masyarakat untuk memproteksi diri dari paparan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Selain mengikuti anjuran pemerintah perihal berdiam diri di rumah (social distancing) dan menjaga jarak kontak fisik (physical distancing), penerapan karantina lokal atau isolasi wilayah mandiri pun dilakukan oleh warga untuk memperketat akses masuk orang ke wilayahnya.

Seperti dilakukan warga di Komplek Perumahan Bumi Panggungrawi Indah (BPI) di Kelurahan Panggungrawi, Kecamatan Jombang, Kota Cilegon.

Dua rukun warga (RW) dengan 12 rukun tetangga (RT) di komplek tersebut menerapkan aturan karantina lokal atau isolasi wilayah mandiri untuk memutus sebaran Covid-19.

Ditemui di lokasi, Wakil Ketua RW 06 Budi Wahono mengatakan, isolasi wilayah mandiri ini telah satu pekan dilakukan warganya dengan cara mem-blokade tiga pintu masuk sekaligus. Selain itu, satu-satunya akses masuk ke wilayah ini dijaga oleh pemuda setempat dengan cara bergantian selama 24 jam. Di tempat itu juga tersedia alat cuci tangan dan juga bilik desinfektan untuk menstrerilkan warga yang datang dari daerah zona merah.

“Kita hanya berusaha memutus tali rantai penyebaran Covid-19. Kita juga berusaha menggunakan bilik desinfektan sumbangan dari salah satu perusahaan,” ujar Budi kepada wartawan, Senin 06 April 2020.

Dikatakan Budi, bagi orang dari luar daerah yang masuknke wilayah ini, pihak RT dan RW selalu melakukan monitoring terhadap mereka. Sementara itu, di posko tersebut tersedia beberapa jerigen desinfektan berkapasitas 20 liter hasil sumbangan serta swadaya masyarakat.

“Kita berharap bisa meminimalisasi agar tetap zona hijau,” katanya.

Ia juga menghimbau warganya untuk selalu menggunakan masker saat akan beraktivitas diluar dan menghimbau warga agar mengikuti arahan dari pemerintah.

Senada dengan Budi, Ketua RT. 04/06 Komplek BPI Cilegon Sudiyono mengungkapkan, antisipasi tersebut dilakukan berlandaskan kesadaran masyarakat sekitar mengingat saat ini wabah pandemik Covid-19 makin mengganas.

“Antisipasi jangan sampai ada warga khususnya di komplek ini jangan sampai ada yang terjangkit Covid-19,” imbuhnya.

Mereka berharap warga sekitar untuk tetap mengikuti anjuran pemerintah pusat. Selain itu, mereka juga dihimbau untuk sering mencuci tangan dan memakai masker. []

0Shares