Ditengah Pandemi, Walikota Edi Resmikan Hotel Bintang Dua di Cilegon

CILEGON, BCO – Walikota Cilegon Edi Ariadi membuka sekaligus meresmikan operasional hotel bintang dua yang berlokasi di Jalan Jendral Ahmad Yani, Kelurahan Masigit, Kecamatan Jombang, Kota Cilegon, Jumat 23 Oktober 2020.

Meskipun masih di tengah pandemi Covid-19, hotel dengan kapasitas 115 unit kamar dari delapan lantai itu, dikatakan Edi, bisa dikenalkan kepada masyarakat agar membantu industri pariwisata di Kota Cilegon serta meningkatkan PAD ataupun serapan tenaga kerja.

“Saya mengapresiasi manajemen Swissbell bahwa walaupun di tengah pandemi tapi tetap dibuka. Makanya saya dorong (untuk dibuka) supaya diketahui oleh masyarakat,” kata Walikota Cilegon di Swissbelexpress Cilegon.

Edi menjelaskan, bisnis hotel merupakan penyangga industri pariwisata nasional yang mana berdampak langsung terhadap benefit di wilayah tersebut. Ditambah lagi, kata Walikota, Swissbelekpress Hotel yang memiliki jaringan internasional menggambarkan bahwa Kota Cilegon sudah masuk dalam kategori kota besar.

Sementara di tempat yang sama, Manajer Hotel Swissbelexpress Cilegon Steven Dimas menuturkan, sebelum diresmikan oleh walikota Cilegon, pihaknya telah membuka hotel tersebut secara trial untuk melihat segi pasar pada masyarakat. Oleh sebab itu, ia berharap dengan beroperasinya Swissbelexpress Cilegon tersebut dapat memberikan kontribusi untuk Kota Cilegon.

“Mudah-mudahan kami bisa memberikan kontribusi yang positif untuk Kota Cilegon, untuk masyarakat Cilegon, untuk perekonomian sosial dan budaya,” ujar Steven Dimas.

Disinggung soal serapan tenaga kerja lokal yang direkrut oleh hotel ini, Steven mengatakan, pihaknya mengutamakan warga lokal meskipun masih sedikit lantaran kondisi pandemi.

“Boleh dibilang kita sekarang ini dengan kondisi Covid – 19 ini, kita belum memaksimalkan tenaga kerja yang seharusnya. Dengan kondisi kamar 115 ini seharusnya karyawan yang ada itu paling tidak 80, cuma dengan kondisi Covid ini kita masih mulai dengan angka yang minim dulu, total 30 semuanya,” jelas Steven.

Ditegaskan Steven, meskipun masih minim akan tetapi dari 30 karyawan yang ada tersebut pihaknya memperkerjakan 20 orang warga Kota Cilegon yang sudah berpengalaman di bidangnya.

“Kita memaksimalkan kontribusi dari putra daerah yang ada, kita memberi kesempatan. Beberapa juga ada yang sudah pernah di hotel – hotel lain di Kota Cilegon,” pungkasnya.

Hadir dalam acara launching itu, jajaran Forkopimda Pemkot Cilegon yang didampingi langsung manajemen hotel bersama undangan lain.[]

0Shares