Dinas ESDM Banten Sebut PT KDL Perusahaan Bermutu Baik

SERANG, BCO – Kepala Bidang Ketenagalistrikan pada Dinas Energi Sumber daya dan Mineral Provinsi Banten Jasir Sudrajat menyebut PT Krakatau Daya Listrik (PT KDL) sebagai perusahaan dengan mutu baik lantaran telah memenuhi aturan dari Pemerintah Daerah maupun Pemerintah Provinsi Banten. Hal itu diungkapkan Jasir usai mengikuti Fokus Grup Diskusi di Aula Ruang Rapat Dinas ESDM Provinsi Banten, KP3B, Kota Serang, Rabu 11 Maret 2020.
Selain disebut sebagai perusahaan bermutu baik, manajemen PT KDL juga mengaku akan terus meningkatkan mutu layanan, mengembangkan sistem dan jaringan kelistrikan sehingga pada akhirnya dapat berkontribusi positif bagi industri di kawasan.

“Dari segi perizinan dia sudah ditempuh, dari segi pelaksanaan operasional sudah memenuhi aturan-aturan, artinya itukan nantinya akan memperlancar proses atau kegiatan terhadap PT KDL itu sendiri. Dengan lengkapnya begitu artinya tingkat kepuasan pelanggan akan meningkat juga tentang tarif sudah ada bakunya. Pokoknya diharapkan dengan itu lebih lancar,” ujar Kabid Kelistrikan Dinas ESDM Banten Jasir Sudrajat kepada wartawan.
Jasir menjelaskan, sebagai perusahan pemilik IUPTL dengan predikat baik maka pemerintah sebagai regulator merasa terbantu lantaran perusahaan telah melaksanakan aturan yang diberikan pemerintah terhadap upaya perbaikan perusahaan itu sendiri. Ia juga menekankan, dengan adanya prestasi tersebut PT Krakatau Daya Listrik bias mempertahankan prestasi tersebut dan terus berinovasi dalam pelayanan terhadap kepuasan pelanggan.
“Makanya dengan berhasilnya PT KDL positif bagi pemerintah berarti pembinaan dari pemerintah (selama ini) berhasil,” katanya.
“Intinya mah tidak tinggal diam dengan kondisi yang sudah bagus, tetap kita mengevaluasi perjalanan kita seperti apa,” tambah Jasir.
Jasir juga mengatakan, perusahaan di Banten hanya PT Krakatau Daya Listrik dari enam perusahan pemegang Izin Usaha Penyedia Listrik (IUPTL) yang berhasil meraih penghargaan sebagai perusahaan bermutu baik terhadap pelayanan. “Hanya PT KDL, yang lainnya belum bisa dikatakan mendapat predikat mutu yang baik,” imbuhnya.

Sementara di tempat yang sama Manager Commerce Service Business Unit PT Krakatau Daya Listrik Muhamad Rizky Habibie menyampaikan, PT KDL akan terus berupaya meningkatkan kinerja yang baik tersebut. Ia juga mengatakan perusahaan tetap berkomitmen untuk terus berinovasi, baik di sistem pelayanan konsumen maupun jaringan kelistrikan.
“PT KDL selalu berkomitmen memperbaiki tingkat mutu layanan dari waktu ke waktu, target di depan KDL akan mengembangkan sistem dan jaringan kelistrikan untuk terus meningkatkan keandalan dan kontinuitas pasokan listrik” ucap Rizky.
Manajemen berharap layanan yang telah diberikan KDL dapat berkontribusi positif bagi produktifitas seluruh tenant di Kawasan Industri. “Di lain hal KDL tidak hanya meingkatkan mutu layanan namun juga terus berupaya memberikan supply listrik yang kompetitif,” katanya.

Di sisi lain, Direktur Operasi PT Krakatau Daya Listrik Hendri mengungkapkan, untuk mengantisipasi gangguan kelistrikan, Pihaknya telah membangun sistem kendali industri yang berbasis komputer atau Supervisory Control and Data Acquisition (SCADA) guna memonitor gangguan yang terjadi sehingga suplay energi listrik bisa tetap lancar. “Sistem distribusi KDL bersifat redundant sehingga konsumen dapat normal bila terjadi gangguan. Kita telah membangun Scada yang dapat mengoperasikan peralatan secara remote, dan kami juga selalu meningkatkan kualitas pemeliharaan peralatan secara baik,” tandsanya. []

0Shares