Diguncang Gempa, Wisatawan di Sumur Sempat Panik

Peringatan BMKG Terkait Gempa Bumi di Sumur, Pandeglang, Banten yang mencapai 5,0 magnitudo, Sabtu 14 November 2020.
Peringatan BMKG Terkait Gempa Bumi di Sumur, Pandeglang, Banten yang mencapai 5,0 magnitudo, Sabtu 14 November 2020.

PANDEGLANG, BCO.CO.ID – Gempa bumi dengan magnitudo 5.0 yang mengguncang wilayah Sumur, Kabupaten Pandeglang, Sabtu malam 14 November 2020, sekira pukul 22.32 WIB, membuat sejumlah wisatawan yang sesang camping di sebuah pantai, sempat panik.

Selain mengguncang wilayah Sumur, gempa juga dirasakan di wilayah Cikeusik, Bayah, Ciptagelar, Panggarangan, Carita, Panimbang, Labuan, Menes, Cinangka, Cimanggu, Malimping, Cikotok, Rangkasbitung, hingga Sawarna. Meski demikian, gempa bumi ini tidak berpotensi Tsunami.

Peristiwa ini sempat membuat heboh sejumlah wisatawan yang sedang nge-camp di Pantai Daplangu Sumur. Dikonfirmasi via telepon, Icah penjaga Pantai Daplangu mengatakan, saat ini para wisatawan sudah kembali tenang.

“Tadi sempat pada lari aja kang. Sekarang alhamdulilah lagi pada di warung. Kaget si, ada 7 orang yang biasa mau liburan gitu pada ngecamp,” kata Icah kepada BCO.

Diberitakan sebelumnya, berdasarkan situs BMKG, gempa tersebut berada pada lokasi 6.74 LS – 105.14 BT, pusat gempa berada di laut 49 km BaratDaya Sumur atau berada di Kawasan Taman Nasional Ujungkulon.

Dalam sehari terakhir, wilayah Indonesia telah dua kali diguncang gempa bumi berkekuatan 5,3 dan 5,0 magnitudo. Gempa bumi pertama terjadi di 30 km Timur Laut Banda Aceh dan gempa bumi kedua terjadi di 40 km Barat Daya Sumur – Banten. []

0Shares