Cilegon Night Ride, Kampanyekan Hidup Sehat Melalui Gerakan Bersepeda Massal

CILEGON, BCO – Akhir-akhir ini banyak pengguna jalan yang menggunakan alat transportasi sepeda berlalu lalang di jalanan Kota Cilegon

Berbagai jenis sepeda dengan tipenya masing-masing tampak ikut berbaur dengan pengguna jalan lain, mereka biasanya bepergian ke kantor atau hanya olahraga dengan mengitari rute yang telah ditentukan. Seiring ramainya pengguna transportasi sepeda ini, berbagai komunitas pun bermunculan dan kerap melakukan kegiatan Goes Bareng dengan anggotanya.

Tak terkecuali dengan kumpulan komunitas sepeda asal Kota Cilegon, mereka yang menamakan diri dengan kegiatan Cilegon Night Ride ini sering memenuhi jalanan utama di Kota Cilegon setiap satu bulan dua kali di minggu pertama dan minggu ketiga untuk menarik minat masyarakat menggalakan hidup sehat dengan bersepeda.

Ditemui usai kegiatan Cilegon Night Ride yang digelar oleh mereka dengan mengambil rute dari Landmark Kota Cilegon menuju Taman Cilegon Indah, dan diikuti oleh 200 peseda dari 12 komunitas sepeda Cilegon-Serang.

Ketua Panitia Cilegon Night Ride Ivan Prastama mengungkapkan, kegiatan bersepeda tersebut yang dilaksanakan pada waktu malam hari ini merupakan langkah mereka dalam mengkampanyekan pola hidup sehat dengan berolahraga sepeda. Selain itu juga, menurut Ivan ada banyak manfaat positif dari kegiatan ini.

“Ini (pesertanya) seluruh Kota Cilegon dan dari Serang datang juga komunitas sepeda lipatnya. Makanya kita bikin sebuah gerakan untuk mencoba mengurangi dampak polusi di kota industri ini,” ujar Ivan kepada BCO di Alun-Alun Cilegon, Sabtu 14 Februari 2020.

Masih kata Ivan, setiap rute yang diambil merupakan hasil koordinasi setiap peseda. Selain itu, ia juga berharap Pemerintah Kota Cilegon bisa membuat rute khusus pengendara sepeda layaknya di Kota-Kota Metropolitan lainnya. Menurutnya, dengan adanya rute tersebut, keamanan peseda akan lebih terjamin. Terlebih saat ini bersepeda bukan hanya menjadi gaya hidup di wilayah perkotaan saja.

“Alangkah baiknya dari Pemda Cilegon membuat jalur khusus sepeda biar teman-teman peseda aman juga, jadi kita punya jalur masing-masing dengan pengguna jalan lain,” katanya.

Dijelaskan Ivan, kegiatan yang telah berlangsung 11 kali ini termasuk kegiatan yang tertib lalu lintas. Meski demikian, saat kondisi ramai pengguna jalan, mereka mampu berbagi dengan pengguna jalan lain.

“Alhamdulilah sementara ini teman-teman tertib, patuh lalu lintas. Kita juga sering berbagi jalan dengan pengguna jalan lain,” jelasnya.

Ivan berharap, kedepan banyak masyarakat yang terlibat dalam kegiatan ini, dan sadar akan pentingnya pola hidup sehat serta mengurangi emisi gas karbon dioksida (CO2) yang keluar dari kendaraan maupun industri pabrik. []

0Shares