CFD Cilegon Dimulai Lagi 5 Juli, Ini Aturan Untuk Pedagang

CILEGON, BCO – Pagelaran Car Free Day atau hari bebas kendaraan yang biasa dilaksanakan di Kawasan Krakatau Sport Center (depan KJ) akan mulai dibuka kembali pada Minggu, 05 Juli 2020 mendatang.

Kebijakan dibukanya kegiatan itu berdasarkan hasil rapat Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Cilegon yang menghasilkan kesepakatan bersama. Terutama penerapan protokol kesehatan yang sangat ketat. Ada beberapa syarat untuk pengunjung dan pedagang agar bisa masuk ke area tersebut, salah satunya menggunakan masker, menyiapkan cuci tangan, dan menjaga jarak fisik, serta kondisi kesehatan yang harus diperhatikan.

Lalu bagaimana dengan pedagang yang biasanya banyak berjualan ditempat ini?

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Cilegon Abadiyah, mengatakan, saat pembukaan CFD ini, para pedagang akan dibatasi dengan sistem bergantian setiap pekannya dengan aturan tidak boleh lebih dari 50 persen dari jumlah pedagang.

“Iya (pedagang dibatasi), nah di sini kita juga kepada mereka untuk bisa mengurangi pedagang yang biasanya misalnya 100 pedagang, ini harus dibagi 50 persen. Minggu pertama misalnya 50 persen, saya minta catatan kepada mereka siapa saja nama – namanya,” ujar Abadiyah di ruangannya, Selasa, 30 Juni 2020.

Dikatakan Abadiyah, nantinya akan ada sistem yang mengatur kuota pedagang agar pelaksanaan CFD ini tetap berjalan baik.

“Jadi kelompok ganjil dilaksanakan pada minggu kesatu dan ketiga, dan kelompok genap dilaksanakan pada minggu kedua dan keempat,” ujarnya.

Selain pelaksanaan CFD yang siap dibuka, Kadisperindag ini juga mengatakan akan segera membuka pagelaran pasar budaya yang diselenggarakan oleh Himpunan Perguruan Persilatan Banten (HPPB). Hal itu lantaran pihak HPPB ini telah mengajukan surat kepada Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Cilegon.

“HPPB, itu yang bersurat ke kami dan kemarin juga diundang ikut hadir. Jadi HPPB itu juga sama ada kelompok ganjil ada kelompok genap,” pungkasnya. []

0Shares