Ceceran Tanah Sebabkan 7 Pengendara Motor Jatuh di Jalan Toyomerto

SERANG, BCO – Tujuh kendaraan roda dua yang melintas di Jalan Toyomerto hingga ke jalan Wulandira tepatnya di depan Kantor Basarnas Banten, Kecamatan Kramatwatu, Kabupaten Serang, terjatuh lantaran kondisi jalan yang licin dipenuhi ceceran material tanah merah yang jatuh dari truk.

Ari Zainul Bahri, warga Kota Cilegon, salah seorang pengguna jalan yang juga korban kecelakaan itu menuturkan, bahwa kondisi jalan di wilayah ini sangat berbahaya untuk dilintasi pengguna sepeda motor. Sebab, banyak warga yang melintasi jalan itu terjatuh karena kehlangan keseimbangan akibat ceceran tanah merah yang membuat jalan menjadi licin.

“Kenapa saya berani lapor ke BCO karena korbannya banyak pak, bukan saya aja. Itu tanah merah menutupi jalan dan licin untuk dilalui motor,” kata Ari kepada BCO, Sabtu 07 November 2020.

Diakuinya, sekitar pukul 06 pagi tadi ia jatuh di jalan sekitar itu ketika hendak berbelanja ke Pasar Rau, Serang. Saat terjatuh, lanjut Ari, dua pengendara motor lain berjenis kelamin perempuan juga menjadi korban dari ceceran material tanah merah yang sering dibawa truk-truk besar.

“Yang bawa motor pelan aja jatuh, apalagi yang kencang. Kondisi saya kenceng tadi pagi itu karena mau belanja ke pasar, tiba-tiba di wilayah itu terjatuh karena kehilangan keseimbangan akibat banyaknya tanah. Saya enggak tahu kalau ada ceceran tanah merah,” tegas Ari.

Akibat terjatuh di wilayah tersebut, Ari bersama korban lainnya mengalami sejumlah luka akibat menghantam aspal jalan.

“Saya (mengalami) luka-luka, tadi juga ada perempuan yang jatuh sampai helmnya pecah kepalanya bocor. Saya lihat sendiri ada 7 kendaraan yang jatuh disitu. Makanya berani ngelapor ke BCO,” ujarnya.

Ari berharap, setiap perusahaan yang bertanggung jawab dalam hal angkutan material tanah untuk dapat membersihkan ceceran tanah merah yang jatuh ke jalan agar tidak menyebabkan kecelakaan lalu lintas. Pasalnya wilayah menjadi jalur perlintasan padat kendaraan saat jam – jam sibuk. Truk-truk besar pengangkut barang juga sering melintas di wilayah tersebut hingga menyebabkan jalan menjadi rusak atau bergelombang. []

0Shares