Cadangan Pangan di Kota Serang Cukup untuk 2 Bulan Kedepan

SERANG, BCO – Di tengah serangan pandemi Covid-19, Pemkot Serang sudah mempersiapkan sebanyak 286 ton cadangan pangan (beras) untuk persediaan dua bulan kedepan.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Pertanian (Distan) Kota Serang, Edinata Sukarya kepada awak media saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon, Senin 13 April 2020.

“Kita sudah mempersiapkan cadangan pangan kalau sewaktu-waktu daerah kita dalam kondisi rawan pangan. Kalo dengan kondisi yang sekarang untuk 1-2 bulan masih aman,” kata Edinata.

Dijelaskan bahwa cadangan tersebut bisa dibagikan kepada warga jika terjadi kerawanan pangan, bencana sosial, gagal panen dan nelayan yang tak bisa melaut karena cuaca. Juga termasuk jika walikota sudah menetapkan Covid-19 sebagai darurat bencana.

Ia mengungkapkan bahwa ada sekira 800 hektare lahan pertanian di Kota Serang yang sudah siap panen, dan sebagian sudah melakukan panen.

“Sudah siap panen dan sebagian sudah ada yang panen. Seperti di Curug dan Taktakan sudah ada beberapa kelompok yang lapor panen,” ujarnya.

Karna ini belum seluruhnya melakukan panen, Ia menuturkan, jika dilihat dari yang sudah panen sebelumnya bisa mencapai 90.000 ton beras dan bisa mencukupi untuk tiga bulan kedepan.

“Kalo yang sudah-sudah dari 90.000 ton itu bisa mencaai 3 bulan (april,mei,juni) bisa mencukupi,” terangnya.

Terakhir Edinata menyampaikan, jika wabah pendemi ini tidak kunjung selesai akan berdampak pada buruh tani dan cadangan pangan.

“Kalo selesai dalam waktu lama bisa berdampak sama buruh tani dan cadangan pangan,” pungkasnya. []

0Shares