Bus ALS Tubruk Trailer di Tol Cilegon Barat: 5 Tewas, 5 Terluka

CILEGON, BCO – Kecelakaan lalu lintas yang melibatkan kendaraan angkutan lintas provinsi terjadi di Tol Cilegon KM. 94.400, antara Bus PO ALS BK 7330 LD dan truk trailer bermuatan biji plastik, dinihari tadi sekira pukul. 00.10 WIB, Selasa 17 Maret 2020.

Akibat kecelakaan ini, bus yang membawa lebih dari 22 penumpang dari Pulau Sumatera menuju Jakarta tersebut mengalami kerusakan cukup parah pada bagian bodi depan. Empat orang dewasa dan satu orang anak kecil dinyatakan meninggal dunia di lokasi kejadian. Sementara, lima orang penumpang lain mengalami luka ringan dan langsung dilarikan ke Rumah Sakit Krakatau Medika Cilegon.

Berdasarkan keterangan pengguna jalan tol, bus ALS dari arah Merak menuju Jakarta melaju dengan kecepatan tinggi, namun saat hendak berpindah jalur tiba-tiba muncul sebuah truk trailer dari arah kiri sehingga membuat bus menabrak bagian belakang truk.

“Trailernya dari kiri mau masuk ke jalur tol. Jadi digunting, busnya nubruk buntut trailer. Kenceng (Bus) ALS-nya,” kata Sembara kepada wartawan di lokasi kejadian.

Di lokasi yang sama, Kepala Unit Laka Lantas Polda Banten Ipda Andri mengatakan, sebelum terjadinya kecelakaan bus ALS melaju dengan kecepatan tinggi hingga akhirnya menabrak bagian truk trailer dan menyebabkan lima orang penumpang meninggal dunia. Kendati demikian, kepolisian tengah mencari informasi lainnya guna mengetahui kronologis kecelakaan sebenarnya.

“Korban kalau untuk meninggal itu lima, korban meninggal kita bawa ke RS Drajad. Yang luka-luka informasi di RSKM. Lagi di dalami, yang jelas kalau dari informasi diterima karena melaju dengan kecepatan tinggi,” ujar Ipda Andri Kanit Laka Lantas Polda Banten.

Kasus kecelakaan lalu lintas ini telah ditangani Satlantas Polda Banten. Polisi juga telah mengevakuasi seluruh korban ke dua rumah sakit berbeda dan melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) dengan memeriksa seluruh penumpang.

Di tempat sama, salah seorang korban selamat mengungkapkan, total penumpang dalam kendaraan nahas ini berjumlah kurang lebih 22 orang termasuk anak kecil.

“Saya dari Martapura mau ke Bekasi, kalau penumpang ada kayaknya 22 orang,” ungkap Juardi.

Korban selamat saat ini berada di Rumah Sakit Krakatau Medika Cilegon untuk menjalani pemeriksaan medis. Dampak dari insiden ini, jalur tol sempat mengalami kemacetan sekitar 400 meter dari pintu tol dan membuat pengguna layanan tol berkerumun untuk menyaksikan kejadian tersebut. []

0Shares