Buruh Kecewa, Hearing Soal PHK Hanya Dihadiri Satu Anggota Komisi II

CILEGON, BCO – Puluhan buruh dari Forum Serikat Buruh Krakatau Steel merasa kesal dan kecewa dengan sikap Komisi II DPRD Kota Cilegon yang pada menghilang, tidak menghadiri kegiatan hearing perihal pemecatan dua orang karyawan PT CJ Korea Express Logistic Cilegon di ruang rapat DPRD Cilegon, Rabu 18 Desember 2019. Padahal, rapat tersebut atas undangan Komisi II DPRD itu sendiri.

Dalam hearing tersebut hanya diterima oleh Sanudin, satu anggota Komisi II DPRD Cilegon, perwakilan buruh dan perwakilan perusahaaan.

Muhari, salah seorang anggota serikat buruh bahkan secara tegas menuding anggota Komisi II DPRD Kota Cilegon yang tidak hadir ini membangkang dari tugasnya sebagai wakil rakyat. “Kita kan ke sini sesuai undangan yah, seharusnya jam 13.00 WIB kita udah mulai kegiatan audiensinya tapi ini malah ada pembatalan sepihak melalui telepon,” ujar Muhari.

Menurut Muhari, seharusnya Komisi II sebagai pintu keluhan masyarakat, bisa mengutamakan kepentingan masyarakat Kota Cilegon terutama menyangkut buruh. “Tolonglah Komisi II ini sebagai pintu keluhan masyarakat mampu memberikan pelayanan demi masyarakat Kota Cilegon terutama buruh,” tuturnya.

Ia berharap kejadian serupa tidak terjadi lagi, mengingat permasalahan di Kota Cilegon sangat kompleks. Dan DPRD Kota Cilegon bukan hanya tempat untuk menyelenggarakan rapat namun harus mampu menjadi rumah rakyat yang terbukan terhadap permasalahan yang terjadi.

Kendati demikian, kegiatan hearing atau dengar pendapat ini tetap dilaksanakan dengan hanya dihadiri Sanudin, satu anggota Komisi II DPRD dan sebelumnya Ketua DPRD Kota Cilegon Endang Effendi juga masuk ruangan hearing sebentar untuk menenangkan buruh yang kecewa.

Sementara itu hingga berita ini ditulis, belum ada tanggapan dari Faturohmi, Ketua Komisi II DPRD Kota Cilegon. Saat coba dihubungi melalui telponnya, belum dijawab. []

0Shares