BMKG: Gempa di Kota Serang, Tak Dirilis Karena di Bawah 5 Magnitude

SERANG, BCO – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kelas I Serang membenarkan informasi yang beredar di masyarakat bahwa telah terjadi gempa di sekitar wilayah Kota Serang.

Hal tersebut disampaikan Kasi Data dan Informasi BMKG Kelas I Serang Tarjono saat dihubungi BCO melalui sambungan telepon, Sabtu 25 April 2020.

Tarjono menjelaskan, BMKG memiliki SOP, oleh sebab itu gempa yang dirilis itu ketika magnitude gempanya di angka lima ataupun lebih. Adapun gempa yang dipublish ke masyarakat kurang dari lima tetapi dirasakan, itu baru keluar analisanya.

“Karena tadi gempanya cukup dalam yakni 168 km, makanya masyarakat juga tidak merasakan, dan BMKG tidak mengeluarkan rilisnya,” jelasnya.

Jika masyarakat, lanjutnya, merasakan gempa tersebut maka dilaporkan langsung kepada Balai Besar BMKG Ciputat yang konsen terhadap kegempaan.

Gempa dengan magnitude 4,5 tersebut terjadi siang tadi pada pukul 11:43 WIB terletak di Lok:6.18 LS – 106.14 BT (6 km BaratDaya KOTA-SERANG), dengan kedalaman 168 Km.

Tarjono menuturkan, dengan kedalaman gempa tersebut, gempa yang terjadi tergolong pada jenis gempa dalam. Sebab, pusat gempa melebihi kedalaman 60 Km.

“Episentrumnya di daratan. Dia masuknya gempa dalam, karena kedalaman gempanya lebih dari 60 Km, kalo kurang dari itu dia ikut gempa dangkal,” tutupnya. []

0Shares