BI Banten Siapkan Uang Recehan Rp. 3 Triliun untuk Ramadhan dan Lebaran

SERANG, BCO – Induk perbankan di Indonesia seperti Bank Indonesia (BI) Kantor Wilayah Perwakilan Provinsi Banten telah menyiapkan uang kecil untuk memenuhi kebutuhan Ramadhan dan Lebaran tahun 2020 dengan nilai Rp 3 Triliun.

Uang tersebut meningkat dari tahun sebelumnya yang hanya disiapkan senilai Rp 21,340 Miliar.

Kendati demikian, BI sendiri belum melakuan rinciannya terhadap jumlah tersebut.

“Untuk tahun ini ada penambahan uang yang akan kita berikan untuk Lebaran tahun ini. Nilai ini lebih besar dari lebaran di 2019 lalu. Namun untuk rincian nominal uang pecahan sendiri, kami (BI) Banten masih menghitung berapa total rincian uang tersebut,” kata Kepala KPw BI Banten Erwin Soeriadimadja kepada wartawan, Sabtu 02 Mei 2020.

Lebih lanjut Erwin menjelaskan, lantaran adanya pandemi Covid-19 pada tahun ini BI Banten tidak melayani kantor kas keliling yang setiap tahunya digelar. Pihaknya hanya melayani para perbankan yang ada di Banten.

“Karena adanya pademi corona, kami tidak meniadakan kegiatan kantor kas keliling. Semua uang penukaran terfokuskan ke para perbankan,” lanjut Erwin.

Ia juga mendorong setiap perbankan untuk menyediakan uang recehan guna memenuhi kebutuhan pada Ramadhan dan Lebaran tahun 1441 H. Selain itu, guna menjaga ke-strerilan uang, pihak BI sendiri melakukan penyemprotan cairan desinfektan dan menahan uang tersebut selama 14 hari sebelum di distribusikan kepada penyedia layanan keuangan.

“Karena prinsipnya para perbankan inilah yang langsung melayani masyarakat,” ungkapnya.

Erwin juga menghimbau, masyarakat diminta menukarkan uangnya ke perbankan sebagai upaya menghindari peredaran uang palsu.

“Kita selalu antispasi adanya uang palsu yang beredar ini, maka itu kami menghimbau agar masyarakat bisa menukarkan yang tersebut langsung ke perbankan bukan ke tempat yang lain,” pihaknya. []

0Shares