Bersihkan Saluran Air, Warga Merak Temukan Ular Sanca

CILEGON, BCO – Warga di Lingkungan Sukamaju, Kelurahan Mekarsari, Kecamatan Pulomerak, Kota Cilegon, heboh dengan penemuan seekor ular sanca kembang dengan panjang 3,5 meter saat sedang membersihkan saluran air, Minggu, 05 Juli 2020.

Ular yang diprediksi berdiameter 20 centimeter dengan berat lebih dari 15 kilogram ditangkap dan langsung diamankan di rumah ketua RT setempat.

Fadeli, salah seorang warga yang ikut menangkap hewan reptil berdarah dingin ini menceritakan, saat itu ia bersama dua rekannya tengah membersihkan saluran air yang tersumbat tanah. Namun, salah seorang rekannya melihat ada ular yang melingkar didalam lubang tanah.

“Jadi pas lagi bersihin saluran, tiba-tiba terlihat ada ular lagi melingkar. Sontak kita kaget semua. Langsung dipegang kepalanya kita tarik keluar,” kata Fadeli, kepada BCO.

Dikatakan Fadeli, ular dengan nama lain phyton roticulatus ini diduga berasal dari daerah perbukitan yang turun ke pemukiman untuk mencari mangsa.

“Kalau laporan ayam hilang belum ada, tapi kemungkinan ini (ularnya) berasal dari bukit di belakang pemukiman,” ujarnya.

Akibat penemuan ini, warga sekitar pun heboh. Kehebohan itu terjadi lantaran warga sering menemukan ular jenis serupa dengan ukuran raksasa tersebut.

“Seringkali ada aja laporan adanya ular sanca, makanya kita amankan supaya tidak membahayakan karena gimanapun juga disini lingkungan padat penduduk,” jelasnya.

Saat ini, ular tersebut sudah diamankan warga setempat didalam sebuah kandang besi dan jadi tontonan anak-anak kecil.

“Belum tahu mau dikemanain, sementara dikandangin aja dulu biar enggak bahaya,” pungkasnya. []

0Shares