Belasan Rumah Warga dan Exit Tol Cilegon Barat Terendam Banjir di Ciore Waseh

CILEGON, BCO – Tingginya curah hujan yang mengguyur kawasan Kota Cilegon terutama di wilayah Lingkungan Ciore Waseh, Kelurahan Kotasari, Kecamatan Grogol menyebabkan banjir yang merendam puluhan rumah penduduk setempat.

Hujan deras juga menyebabkan belasan rumah warga tersebut terendam air setinggi pinggang orang dewasa. Selain itu, jalan kelaur Gerbang Tol Cilegon Barat juga terendam air banjir.

Salah seorang warga menuturkan, derasnya air akibat hujan ini tidak bisa ditampung dan dialirkan dengan baik oleh drainase yang ada sehingga membuatnya meluap memasuki area permukiman penduduk.

“Hujan dari semalam kang, banyak rumah yang terendam. Ketinggian air sekitar sepinggang orang dewasa,” ujar Sofwan dikonfirmasi BCO, Senin 04 Mei 2020.

Senada dengan Sofwan Ketua RT 01/02 Lingkungan Ciore Waseh Fadli membenarkan kejadian tersebut, saat ini warga sedang berupaya mengatur lalu lintas agar air yang merendam di Exit Tol Cilegon Barat tidak semakin masuk ke permukiman lantaran kondisi kendaraan yang keluar tol.

“Iya benar kang, sekitar 15 rumah (terendam). Kita masih melakukan pendataan juga, cuma banjir sekarang enggak seperti tahun-tahun sebelumnya yang bikin lumpuh,” kata Fadli dihubungi BCO.

Lebih lanjut dikatakan Fadli, banjir ini diakibatkan oleh saluran drainase serta kondisi permukiman penduduk lebih rendah dari permukaan yang mana membuat air dari arah perbukitan turun lebih banyak ke daerah perumahan warga.

“Karena kondisinya ada beberapa permukiman lebih rendah, kemudian banjir ini kan semacam transit disini kang. Tapi sekarang enggak separah tahun – tahun sebelumnya, pak lurahnya udah antisipatif perbaiki drainase jadi enggak sampai bikin lumpuh,” jelasnya.

Tak hanya di wilayah Ciore Waseh, genangan air juga terpantau meremdam jalanan gang di beberapa lokasi di Kecamatan Grogol. []

0Shares