Begini Cara Petugas Damkar Musnahkan Sarang Tawon di Rumah Warga Kranggot

Sarang tawon vespa di atas atap rumah warga Kranggot, Kelurahan Sukmajaya, Kecamatan Jombang, Kota Cilegon, sebelum dimusnahkan petugas Damkar Cilegon, Kamis malam, 5 Desember 2019.

CILEGON, BCO – Sebuah sarang tawon endas atau dsebut tawon vespa yang menempel di atap rumah Marwiyah, warga Lingkungan Kranggot, Kelurahan Sukmajaya, Kecamatan Jombang, Kota Cilegondimusnahkan oleh petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Cilegon, Kamis malam 5 Desember 2019, lantaran sering membuat warga tersengat.

Menurut Marwiyah, sarang tawon ini baru terbentuk empat bulan lalu saat rumahnya direhab. “Belum tahu kapan adanya. Ini juga baru ketahuan waktu ganti genteng empat bulan lalu. Dulu ukurannya belum sebesar ini,” ujar Marwiyah, kepada BCO di sela pemusnahan.

Warga lainnya juga mengakui bahwa keberadaan tawon ini meresahkan dan pernah menyengat warga sekitar. “Empat hari lalu kakek-kakek disengat bagian pelipisnya waktu lewat disitu,” ujar Alam, tetangga Marwiyah.

Sementara Kepala Seksi Penyelamatan pada Dinas Pemadam Kebakaran Kota Cilegon, Eko Siswanto menjelaskan, pihaknya langsung memusnahkan sarang tawon yang memiliki diameter 45 centimeter ini dengan menyemprotkan air bertekanan tinggi, lantaran posisi sarang tawon sulit dijangkau. Selain itu juga untuk mengantisipasi serangan tawon terhadap warga sekitar yang ikut menyaksikan pemusnahan tersebut. “Karena untuk menghindari serangan tawon, kita semprotkan air ke sarangnya langsung hingga hancur,” ujar Eko.

“Sejauh ini berdasarkan laporan warga, sudah ada empat orang korban akibat sengatan tawon tersebut,” tambahnya.

Eko juga menghimbau kepada warga agar melaporkan kepada petugas damkar jika menemukan sarang tawon vespa sepert ini. “Kalau ada sarang (tawon-red), warga sebaiknya segera melaporkan ke petugas untuk menghindari korban akibat serangan tawon,” Eko menuturkan. []

0Shares