Banten Bakal Terima 8 Juta Vaksin Covid -19, WH: Warga Enggak Mau, Enggak Apa-apa

CILEGON, BCO – Pemprov Banten akan menerima vaksin Covid-19 dari pemerintah pusat pada Desember 2020 mendatang, vaksin tersebut merupakan kuota yang diberikan pemerintah pusat untuk Banten.

Gubernur Banten Wahidin Halim (WH), mengatakan, untuk tahap pertama, sebanyak 63.536 vaksin akan diberikan kepada para tenaga medis, anggota TNI Polri, dan Satpol PP yang berjuang di garda terdepan Covid-19 . Kemudian diikuti oleh pegawai pemerintah daerah dan anggota legislatif. Selanjutnya tokoh masyarakat, tokoh agama, perangkat daerah di kecamatan/desa, serta RT RW.

Selain itu, tenaga pendidik dari tingkat PAUD hingga sekolah tinggi akan menerima vaksin tersebut sebelum akhirnya masyarakat langsung.

“Vaksin kan gratis dari (pemerintah) pusat 8 juta,” kata Gubernur Banten Wahidin Halim dikutip dari Kompas.com, Rabu, 28 Oktober 2020.

Ia juga tidak akan memaksa warganya apabila tidak mau divaksin, namun kata Wahidin, jangan salahkan pemerintah jika warganya ada yang terpapar virus corona.

“Warga yang tidak mau ya enggak apa-apa, kalau kena (Covid-19) jangan salahin pemerintah,” jelasnya.

Hingga saat ini, Pemprov Banten masih terus melakukan upaya untuk mengendalikan dan menekan kasus corona di wilayahnya. Alhasil, kini seluruh daerah yang berjumlah delapan kabupaten/kota di Banten ini berada pada zona orange.

“Pertama, masyarakat sudah semakin sadar; kedua, penanganan kita cepat; ketiga, swab test sudah sesuai standar WHO, penanganan rumah sakit cepat, tracing cepat, tracking cepat,” ucap Gubernur.

Gubernur meminta, meskipun semua daerah telah berada di zona oranye, gugus tugas dibeberapa daerah ini untuk terus berupaya hingga masuk zona kuning dan hijau.
“(Pelonggaran) nanti dulu, sementara ini kita sampai ke zona yang lebih bagus,” tandasnya. []

Sumber: Kompas.com

0Shares