Antisipasi Penyebaran Virus Corona, Dinkes Surati Seluruh Layanan Kesehatan di Cilegon

CILEGON, BCO – Virus Corona atau Koronavirus yang menjadi perhatian dunia internasional, membuat Pemerintah Kota Cilegon meningkatkan kewaspadaan pada penyakit menular ini. Pasalnya, virus dengan nama lain 2019-nCOV tersebut telah menjangkiti 13 negara di dunia.

Upaya yang dilakukan Pemkot Cilegon melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) adalah dengan menyurati seluruh layanan Kesehatan yang ada di Cilegon untuk waspada terhadap Corona Virus tersebut.

“Hari ini saya membuat surat kepada semua layanan kesehatan baik puskesmas atau klinik melalui Asosiasi Klinik dan semua rumah sakit. Saya membuat surat terkait kewaspadaan terhadap Corona Virus. Kita buatkan protapnya sehingga mereka tau langkah-langkah apa yang harus dilakukan jika menemukan pasien yang ternyata dari anamesenya itu dia habis berpergian ke daerah terpapar Corona Virus,” ujar Kepala Dinkes Cilegon dr. Arriadna, saat ditemui wartawan di ruang kerjanya, Selasa 28 Januari 2020.

Dikatakan, pihaknya juga akan bekerja sama dengan kantor Kesehatan Pelabuhan guna mewaspadai paparan penyakit yang berasal dari Kota Wuhan, Provinsi Hubei, Tiongkok.

“Karena mereka (Kantor Kesehatan Pelabuhan) yang mempunyai kewenangan untuk karantina bagi siapapun yang masuk ke negara kita,” ungkapnya.

Dr Arriadna juga mengimbau kepada masyarakat untuk menjaga daya tahan tubuh dan melaporkan ke puskesmas atau klinik terdekat jika ada yang terjangkit Corona Virus.

“Masyarakat harus tetap menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang virus, sesudah aktifitas selalu cuci tangan, jika sedang batuk atau agar terhindar dari batuk memang pake masker paling bagus, lalu melaporkan jika ada masyarakat yang terpapar Corona Virus,” Arriadna menandaskan. []

0Shares