Angka Covid-19 Tinggi, Kemenkes Putuskan Tangerang Raya PSBB

CILEGON, BCO – Kementerian Kesehatan Republik Indonesia telah memutuskan tiga wilayah di Provinsi Banten untuk menerapkan aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Hal itu dilakukan untuk memutus rantai penyebaran Covid-19.

Ketiga wilayah yang disebut Tangerang Raya ini merupakan Kota Tangerang Selatan, Kota Tangerang, dan Kabupaten Tangerang.

Dalam surat keputusan bernomor HK. 01.07/MENKES/249/2020 Minggu 12 April 2020, yang ditandatangani Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, menetapkan 4 poin dengan beberapa pertimbangan serta rujukan undang-undang dan keputusan presiden RI yang menjelaskan perlunya dilakukannya penerapan PSBB di wilayah Tangerang lantaran tingginya kasus Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Keputusan itu mulai berlaku sejak tanggal ditetapkan oleh Menkes Terawan, yakni tanggal 12 April 2020 atau hari ini.

Berikut keputusan Menteri Kesehatan RI tentang penetapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Tangerang Raya dalam rangka percepatan penanganan Covid-19.

Kesatu: Menetapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar di Wilayah Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang, dan Kota Tangerang Selatan, Provinsi Banten Dalam Rangka Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2Ol9 (Covid-19).

Kedua: Pemerintah Daerah Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang, dan Kota Tangerang Selatan, Provinsi Banten wajib melaksanakan Pembatasan Sosial Berskala Besar sebagaimana dimaksud Diktum KESATU sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan dan secara konsisten mendorong dan mensosialisasikan pola hidup bersih dan sehat kepada masyarakat.

Ketiga: Pembatasan Sosial Berskala Besar sebagaimana dimaksud Diktum KEDUA dilaksanakan selama masa inkubasi terpanjang dan dapat diperpanjang jika masih terdapat bukti penyebaran.

Keempat: Keputusan Menteri ini mulai berlaku pada tanggal ditetapkan. []

Sunber Foto: katadata

0Shares