4 Website Milik Pemkot Cilegon Diretas, Pelaku Tuliskan Kata “Santuy”

CILEGON, BCO – Empat situs atau website resmi milik Pemerintah Kota Cilegon menjadi korban peretasan orang yang tidak bertanggung jawab.

Pelaku atau hacker tersebut meretas website sekira pukul 16.30 wib, Senin 09 Maret 2020.

Berdasarkan pantauan BCO, keempat website tersebut antara lain dinkes.cilegon.go.id, dindik.cilegon.go.id, disdukcapil.cilegon.go.id, dan diskominfo.cilegon.go.id.

Dalam tampilan utama keempat website tersebut, pelaku menuliskan kalimat “Hacked by Chu404 Santuy. Apapun yang terjadi di web anda harus tetap santuy,”

Dihubungi via telepon, Kepala Dinas Komunikasi, Informasi, Sandi, dan Statistik Kota Cilegon Azis Setia Ade Putra mengaku sudah mengetahui perihal peretasan tersebut. Meskipun baru mengetahui sistem peretasan yang bagian Disdukcapil. Dikatakan Azis, saat ini pihaknya tengah memperbaiki sistem web tersebut.

“Katanya si yang disdukcapil, pokoknya mah yang sub domainnya emang lagi pada kena hack,” ujarnya saat dikonfirmasi via telepon.

Saat ini tim IT Pemkot Cilegon sedang berusaha memperbaiki sistem website tersebut. Azis mengungkapkan, dalam website tersebut tidak ada yang penting hanya sebatas publikasi setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) saja.

“Sekarang lagi ditangani sama tim IT kitalah, dari sore ya setelah pulang kantor sekira pukul 16.30 wib. Data-data apa wong itu mah cuma web aja,” katanya.

Azis berjanji akan mengupayakan perbaikan secepatnya terhadap empat website milik Pemerintah Kota Cilegon tersebut. []

0Shares