12 Warga di Cilodan Terjangkit DBD, Seorang Balita Meninggal

CILEGON, BCO – Sebanyak 12 warga di Lingkungan Cilodan, Kelurahan Gunung Sugih, Kecamatan Ciwandan, Kota Cilegon, terjangkit Demam Berdarah Dengue (DBD). Belasan warga ini terdiri dari 8 orang dari RT 16 dan 4 orang dari RT 18. Bahkan, seorang balita perempuan usia lima tahun dilaporkan meninggal saat perjalanan saat menuju puskesmas dengan dugaan DBD.

Meski demikian, hingga kini belum ada penanganan dari pihak terkait. “Di RT saya ada 8 orang, bahkan dugaaan DBD tersebut membuat seorang anak berusia 5 tahun meninggal dunia. Meskipun dari rumah sakit mendiagnosis karena henti jantung, namun melihat ciri fisik seperti bintik merah di tubuhnya membuat kami menyakini anak tersebut menderita DBD,” kata Ketua RT 16 Bram Junaidi kepada wartawan, Rabu 15 Januari 2020.

Lebih lanjut, Ketua RT 16 ini mengungkapkan, selain anak tersebut ada warga lain yang saat ini juga masih dirawat di Rumah Sakit Krakatau Medika karena menderita DBD, bahkan dikabarkan warga tersebut mengalami keguguran.

“Tadi suaminya telepon dan dokter yang menanganinya mendiagnosis DBD dan pendarahan. Terkait hal ini saya sudah melapor ke lurah dan pihak puskesmas, tapi belum ada tindak lanjut,” papar Bram.

Senada juga diungkapkan Ketua RT 16 Syaifullah. Dikatakan, warganya sudah ada 4 orang yang menderita DBD dan terkait hal tersebut pihaknya sudah melaporkan ke pihak kelurahan dan puskesmas, serta meminta warga untuk menjaga kebersihan. “Saya juga sudah mengajak warga untuk membersihkan lingkungan,” ujar Syaifullah.

Sementara itu, menanggapi temuan ini, Anggota DPRD Kota Cilegon dari Fraksi Partai Demokrat Muhammad Ibrahim Aswadi langsung meninjau lokasi perkampungan tersebut.

“Saya menerima laporan dari warga sekaligus Ketua RT 18 setempat yang datang ke rumah bahwa ada banyak warganya yang terjangkit DBD. Saat saya mendatangi lokasi ternyata benar laporan tersebut,” kata lelaki yang akrab disapa Bobby ini.

Bobby mengungkapkan, pihaknya akan segera menindaklanjuti hal tersebut dengan pihak terkait diantaranya Dinas Kesehatan Kota Cilegon, puskesmas Ciwandan, kelurahan serta pihak kecamatan. []

0Shares