Ramai di Media, BI Rilis Uang Pecahan 75.000 di Hari Kemerdekaan ke-75

JAKARTA – Pemerintah Republik Indonsia dan Bank Indonesia, dikabarkan akan menerbitkan pecahan uang baru pada Senin 17 Agustus 2020. Uang baru tersebut dikeluarkan dalam rangka 75 Tahun Kemerdekaan RI.

Uang khusus tersebut dikeluarkan dan dicetak BI saat ajang tertentu seperti 25 tahun kemerdekaan & 50 tahun kemerdekaan dan beberapa event-event tertentu dan memiliki nilai nominal yang berbeda dari nilai jualnya.

Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi Kementerian Keuangan Rahayu Puspasari membenarkan rencana tersebut.

“Iya nanti Ibu Menkeu juga akan hadir meluncurkan pengeluaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun Republik Indonesia,” jelasnya.

Deputi Komunikasi Bank Indonesia Onny Widjarnako mengatakan, Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo yang akan memberikan pengumuman mengenai jenis baru uang apa yang akan diluncurkan.

“Nanti Pak Gubernur (Bank Indonesia) Besok yang bakal umumkan jenis uangnya. Tunggu saja,” kata Onny, di Jakarta, Minggu (16/8/2020).

Sebagai Informasi sebelumnya sudah diterbitkan juga Uang dalam jumlah pecahan tertentu sebelum ini. Setiap edisi yang dikeluarkan dengan kemasan yang menarik dan unik sehingga sering dijadikan cenderamata.

Edisi yang telah diterbitkan antara lain 25 Tahun Kemerdekaan dengan tahun penerbitan 1970, Seri 50 Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia, Seri Perjuangan Angkatan 45 yang diterbitkan pada 1990, Seri Save the Children pada 1990, Seri Cagar Alam 1974, Seri Cagar Alam 1987, Seri Children of the World pada 1999 dan lainnya. (*/Net)

0Shares